Zoom versus Video Conference Lainnya

Kembali mengulas Zoom Cloud Meeting yang sudah saya bahas di sini.
Dalam keawaman saya tentang teknologi informasi,
saya pernah ngobrol dengan teman kantor bahwa "serangan" pada aplikasi Zoom yang dilancarkan oleh pihak lain (termasuk Google), sepertinya berbau persaingan bisnis.
Agak-agak gosong gitu... Hehehe

Sekali lagi itu hanya analisis obrolan di angkringan.
Tidak lebih. Karena tanpa data ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan secara akademis.

Ok deh...
balik ke topik Zoom versus aplikasi vidcon lainnya yang saya cuplik dari verge.com.
Ini beberapa alternatif vidcon yang bisa dimanfaatkan:

SKYPE MEET NOW



Skype telah menjadi platform masuk untuk percakapan satu-satu sejak versi beta dirilis pada tahun 2003. Fitur Meet Now-nya (yang diakses dengan memilih tombol "Meet Now" di sisi kiri aplikasi) memungkinkan konferensi video; menurut situs web, jumlah maksimum peserta dapat bervariasi, tergantung pada platform dan perangkat Anda.

Ada juga halaman terpisah yang memungkinkan Anda membuat pertemuan video gratis tanpa harus mendaftar untuk layanan tersebut. Namun, Anda mendapatkan lebih banyak fitur menggunakan aplikasi, jadi jika Anda setuju dengan mendaftar untuk mendapatkan akun gratis, Anda sebaiknya melakukan itu.

Fitur
Rekam panggilan hingga 30 hari
Dapat mengaburkan latar belakang (jika Anda memiliki aplikasi)
Bagikan presentasi

CISCO WEBEX



Webex adalah aplikasi konferensi video yang telah ada sejak tahun 90-an; itu diakuisisi oleh Cisco pada tahun 2007. Meskipun ini terutama dikenal sebagai aplikasi bisnis dan terus fokus pada melayani perusahaan, itu memang memiliki versi gratis yang cukup murah yang layak untuk dicoba. Untuk keadaan darurat saat ini, telah memperluas fitur versi freemium dari 50 menjadi 100 peserta, menyingkirkan batas 40 menit pada pertemuan, dan menambahkan kemampuan panggilan masuk.

Fitur
Hingga 100 peserta
Waktu tidak terbatas untuk setiap pertemuan
Panggilan untuk audio

GOOGLE MEET



Sampai baru-baru ini, Google Meet (sebelumnya Hangouts Meet) hanya tersedia untuk pendidik dan mereka yang berlangganan layanan berbayar Google, G Suite. Google telah mengumumkan bahwa mereka akan membuat Meet tersedia untuk para pengguna layanan Gmail gratisnya, mulai awal Mei. (Seperti kebiasaan Google, itu akan meluncurkan layanan selama beberapa minggu, jadi mungkin perlu waktu hingga mencapai akun Anda.)

Setelah Meet tersedia, itu harus menjadi cara sederhana untuk obrolan video dengan kolega, teman, dan keluarga - dengan asumsi mereka semua memiliki akun Google, yang merupakan persyaratan untuk host dan peserta. Untuk memulai, cukup buka Meet, klik pada "Bergabung atau mulai rapat," beri nama rapat (jika Anda mau), dan kirim undangan Anda. Anda juga dapat menjadwalkan rapat menggunakan Kalender Google, dan Google menyertakan sejumlah fitur keamanan seperti kemampuan untuk mengakui atau menolak entri.

Fitur
Waktu rapat tidak terbatas hingga 30 September; setelahnya, batas 60 menit
Hingga 100 peserta

HANGOUTS



Jika Anda tidak ingin menunggu Meet muncul untuk pengguna Gmail, Google Hangouts (versi "klasik") masih tersedia, meskipun perusahaan tidak mempromosikannya, terutama kepada pengguna G Suite dan pelanggan korporat, yang sedang didorong untuk menggunakan Meet.

Semua itu dikatakan, jika Anda merasa kuno, Anda dapat menggunakan Hangouts untuk obrolan video dengan maksimal 10 orang. Tidak ada banyak fitur tambahan. Anda dapat menambahkan pesan teks dan berbagi layar, tetapi hanya itu saja. Namun, jika Anda ingin cepat dan mudah, ini patut untuk dicoba.

Fitur
Hingga 10 peserta
Percakapan suara dapat memiliki hingga 150 peserta

STARLEAF



Jika Anda bukan perusahaan, Anda mungkin belum pernah mendengar StarLeaf; itu adalah platform untuk perusahaan besar - jenis tempat mereka tidak mengutip harga di situs web mereka; Anda harus memanggil tenaga penjualan. Tetapi sekarang menawarkan video dasar dan produk pesan gratis bagi mereka yang mencoba untuk tetap berhubungan selama pandemi.

Fitur
Hingga 20 peserta
Empat puluh enam menit untuk setiap pertemuan

JITSI MEET



Aplikasi konferensi video "Anda mungkin belum pernah mendengarnya", Jitsi Meet adalah platform open-source yang memungkinkan Anda dengan mudah bertemu online dengan hanya menavigasi ke situs dan mengklik "Go." Jika Anda lebih cenderung secara teknis, Anda dapat membuat sendiri melalui Jitsu Videobridge, tetapi kebanyakan orang akan senang dengan versi web cepat, yang menawarkan banyak fitur yang ditemukan di aplikasi yang lebih terkenal, seperti obrolan, rekaman sesi (ke Dropbox ), dan kemampuan untuk "mengusir" peserta yang nakal.

Fitur
Hingga 75 peserta (hingga 35 untuk pengalaman terbaik)
Obrolan publik atau pribadi
Dapat mengaburkan latar belakang (saat ini dalam versi beta)
Terintegrasi dengan Slack, Google Calendar, dan Office 365

WHEREBY



Versi gratis Whereby agak terbatas dibandingkan dengan yang lain yang disebutkan di sini; itu memberi Anda penggunaan ruang pertemuan tunggal dengan hingga empat peserta, bersama dengan kemampuan untuk mengunci kamar (peserta harus "mengetuk" untuk mendapatkan pintu masuk). Setiap kamar memiliki URL sendiri yang bisa Anda pilih, yang hebat - dengan asumsi bahwa tidak ada orang lain yang telah menggunakan nama itu. (Misalnya, saya mencoba di mana.com/testroom dan ternyata sudah diambil.) Tetapi juga memiliki fungsi obrolan, memungkinkan Anda berbagi layar, membisukan atau mengeluarkan pengguna, dan memiliki emoji yang asyik. Jika Anda memiliki lebih banyak orang dalam pikiran, versi Pro ($ 9,99 per bulan) menawarkan hingga 12 peserta per kamar dalam hingga tiga ruang pertemuan.

Fitur
Hingga empat peserta dalam versi gratis
Berbagi layar
Integrasi YouTube
Kemampuan untuk "mengunci" kamar

ALTERNATIF LAIN
Ada berbagai alternatif Zoom lainnya di luar sana, seperti yang tercantum di utas Twitter ini, termasuk RemoteHQ, Talky, Highfive, dan 8x8. Beberapa di antaranya tidak memiliki versi gratis; misalnya, BlueJeans, opsi yang lebih terkenal, mulai dari $ 9,99 per bulan untuk pertemuan tanpa batas waktu hingga 50 peserta.


Perhatian khusus harus dibuat dari Houseparty, aplikasi konsumen populer yang memungkinkan hingga delapan orang menggunakan ruang virtual untuk mengobrol. Bahkan, siapa pun dapat masuk ke sesi daring teman tanpa undangan (meskipun Anda dapat "mengunci" kamar Anda untuk mencegah penyusup). Namun, itu menuntut semua peserta mendaftar untuk menggunakannya - dan pendaftaran termasuk nama, alamat email, tanggal lahir, dan nomor telepon Anda. Jadi kami tidak memasukkannya di antara rekomendasi kami.

VIDEO DENGAN APLIKASI CHAT
Banyak dari kita sudah menggunakan Slack dan /atau Microsoft Teams, yang memang memiliki sejumlah fitur rapat video. Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda dapat menggunakan versi gratis dari Slack atau Microsoft Teams untuk meng-host obrolan video, inilah beberapa info:

SLACK
Slack terutama diatur untuk obrolan teks, tetapi itu memberi Anda kemampuan untuk membuat panggilan suara dan video juga. Jika Anda menggunakan Slack versi gratis, Anda dapat melakukan panggilan video ke seorang individu. Tetapi jika Anda ingin menyelenggarakan pertemuan antara beberapa orang, sebagai lawan dari percakapan satu lawan satu, dan ingin melakukannya secara gratis, Anda harus mencari alternatif.

MICROSOFT TEAMS
Microsoft Teams jelas dibangun sebagai pesaing Slack. Karena ini adalah bagian dari ekosistem aplikasi Microsoft, itu ide yang baik jika Anda ingin, katakanlah, berkolaborasi pada berbagai dokumen Office. Saat ini, Microsoft menawarkan versi gratis dari Microsoft Teams yang mencakup konferensi video. Satu petunjuk: ketika Anda mendaftar, dan ditanya bagaimana Anda ingin menggunakan Microsoft Teams, jangan pilih opsi "Untuk teman dan keluarga." Itu hanya akan mengarahkan Anda ke Skype.


Sumber: verge.com

Share this

Add Comments


EmoticonEmoticon